Sabtu, 17 Maret 2012

Membuat Form menentukan "GRADE" dengan menggunakan fungsi "IF" Pada Visual Studio 2008

Assalamualaikum Wr. Wb
Saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara menentukan "Grade" berdasarkan nilai yang di peroleh dari Nilai 1 dan Nilai 2 dengan menggunakan Visual Studio 2008.
Pertama kita membuat Label "Nilai 1" dan Label "Nilai 2" kemudian membuat Text Box untuk keduanya. selain itu kita juga membuat Label "Rata-Rata dan Geade". dan juga membuat Button "Hitung dan Clear".


Setelah membuat Form tersebut, kita membuat koding untuk menentukan "Grade" yang didapat oleh Mahasiswa berdasarkan nilai 1 dan 2.
Kita Klik 2 kali pada Button Hitung dan Koding akan terlihat seperti ini.........



Kemudian kita akan membuat koding dari  Button Clear. jika ingin membuat koding, kita klik 2 kali pada Button Clear tersebut. dan kodingnya akan terlihat seperti ini......


Jika semua koding sudah kita buat, lalu kita akan mencoba hasil dari koding tersebut dengan memasukan nilai ke dalam TextBox Nilai 1 dan Nilai 2.
Jika Mahasiswa mendapatkan Grade A, maka hasilnya seperti ini....

  

Jika Mahasiswa mendapatkan Grade B, maka hasilnya seperti ini....


Jika Mahasiswa mendapatkan Grade C, maka hasilnya seperti ini....


Jika Mahasiswa mendapatkan Grade D, maka hasilnya seperti ini....


Jika Mahasiswa mendapatkan Grade E, maka hasilnya seperti ini....


Setelah kita menentukan nilai dari Mahasiswa-Mahasiswa, kita akan mencoba jika nilai 1 diganti dengan angka lain atau angka yang ada tanda min (-). disitu kita akan melihat apakah ada "Peringatan" jika kita memasukan angka yang salah...


Koding diatas menentukan tanda min eror atau tidak, sekarang kita coba jika Nilai 1 dan Nilai 2 diganti angka yang lebih dari Nilai 100, kemudian mencoba mengganti angka pada Nilai 1 dan Nilai 2 menjadi huruf ABC, dan mencoba jika Nilai 1 dan Nilai 2 tidak di isi angka apapun atau kosong.



Itulah hasil Koding dan cara Membuat Form menentukan Grade memakai Fungsi IF dengan menggunakan Visual Studio 2008. mungkin memang sedikit rumit tapi jika dicoba pasti akan bisa....
Sekian dari saya tentang penjelasan Bagaimana membuat Form memakai Fungsi IF dan membuat kodingnya.


                            ASRI SHINTA LARASATI
                                        1106096034




Terima Kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar