Jumat, 02 Maret 2012

Membuat Form 'LUAS PERSERGI PANJANG' Pada Visual Studio 2008


Assalamualaikum Wr. Wb
Saya akan menjelaskan Coding-an dan langkah-langkah membuat perhitungan Luas Persegi Panjang dengan menggunakan Visual Studio 2008.
Pastikan aplikasi Visual Studio 2008 sudah tersedia pada PC anda. setelah anda membuka aplikasi Visual Studio 1008, klik 'Create Project'. setelah itu layar akan terlihat seperti ini:




Setelah it, klik 'Windows Form Application' dam pada kotak Name, tulis judul Project. contohnya "Rumus Aritmatika". Setelah itu klik OK, maka akan muncul blank form. Untuk mengubah nama Form, klik kanan mouse pada tulisan 'Form1' yang berada dibawah 'My Project' lalu klik kiri sekali pada nama form yang dikotak, lalu lihat bagian Propertis pada bagian kanan bawah. lalu ganti Textnya menjadi 'Luas Persegi Panjang'.

Karena Persegi Panjang terdiri atas Panjang, Lebar dan Luas. maka saya membuat 3 buah TextBox dan 3 buah Button untuk membuat Button Mulai, Hitung dan Selesai. Dengan cara men-drag TextBox dan Button dari ToolBox pada sisi kiri. Dan jangan lupa men-drag Label untuk membarikan keterangan/memperjelas si setiap TextBox disampingnya. setelah semuanya sudah di drug, maka tampilan nya akan muncul seperti ini:



Lalu ubah Text dan (Name) pada propertis bagian kanan bawah tiap Button, Label dan Text Box seperti di bawah ini:


Setelah diganti, tampilan Form akan seperti ini :




Lalu fungsikan Button Mulai, Hitung dan Selesai dengan cara membuat coding per Button. Klik kiri Button tersebut 2x lalu codingan per Button Seperti ini :
 


Setelah itu kelik F5 pada keyboard untuk men-debug. lalu akan keluar hasil akhir di form yang dibuat, Dan form sudah bisa diganti dengan semestinya.



Gambar diatas hasil dari coding tersebut setelah dicoba. dan Itulah cara menghitung Aritmatika menggunakan Coding Visual Studio 2008.


1106096034
Akuntansi TSI 2011

Terima Kasih
Wassalamualaikum Wr. Wb 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar